Sabtu, 19 Oktober 2013

Tips Keluar Area Blind Spot


atur spion untuk mengurangi blind spot

Blindspot adalah area di sekitar kita yang tidak dapat terlihat pada saat kita mengemudi. Hal ini bisa disebabkan karena batasan pandangan cermin / kaca spion maupun karena terhalang oleh pilar konstruksi mobil atau juga karena barang / muatan yang kita bawa.
Blindspot adalah potensi bahaya saat kita berkendara, karena tidak terlihat melalui kaca spion. Banyak kecelakaan terjadi karena pengemudi gagal untuk memeriksa blindspot. dimana sangat mungkin terjadi kita menganggap tidak ada kendaraan lain di sekitar kita, padahal kendaraan lain itu ada dan cukup dekat. BlindSpot ini cukup berbahaya pada saat kita akan berbelok, kemudian tiba-tiba ternyata ada mobil lain atau sepeda motor tepat disamping kita yang tidak terlihat sama sekali pada kaca spion mobil kita.

TIPS buat keluar dari area blind spot !!!


Ukuran motor yang lebih kecil dari mobil membuat bidang blindspot menjadi potensi bahaya yang lebih besar.

UNTUK PENGENDARA MOTOR:
  • Usahakan untuk tidak berada di samping mobil/truk/bus, karena besar kemungkinan pengendara mobil/bus/truk tidak melihat keberadaan Anda.
  • Bunyikan klakson saat mendahului mobil/truk/bus agar pengemudi mobil/bus/truk mengetahui Anda berada di dekatnya.
  • Jangan pernah beranggapan bahwa pengemudi mobil/truk/bus mengetahui keberadaan Anda.

UNTUK PENGENDARA MOBIL/BUS/TRUK:
  • Biasakan ketika sebelum berbelok atau pindah jalur, usahakan untuk memastikan bahwa di samping kendaraan kita tidak ada kendaraan lain. Yang paling aman adalah dengan menoleh langsung sejenak ke area yang tidak terlihat melalui kaca spion.
  • Gunakan blindspot mirror untuk melebarkan daya pandang kaca spion kendaraan kita. BlindSpot Mirror adalah alat bantu tambahan yang hanya sesekali saja kita gunakan(lihat). Penambahan BlindSpot Mirror tidak boleh mengurangi fungsi kaca spion utama, sehingga perlu dicoba posisi yang paling baik yang tidak mengurangi bidang pandang pada kaca spion utama. Penempatan BlindSpot Mirror pada sisi luar bagian bawah ternyata membuat banyak object yang tidak terlihat pada kaca spion utama akibat tertutup BlindSpot Mirror itu sendiri. Dengan kata lain, penempatan seperti ini membuat kaca spion utama menjadi sempit bidang pandangnya.

    Kejadian yang sering terjadi di jalan adalah seperti ini :
  • Mobil sudah menyalakan lampu sign untuk berbelok/menepi, tetapi tidak diperhatikan oleh motor
  • Motor pada posisi di area blindspot, sehingga pengemudi mobil tidak melihat adanya motor di sebelah mobilnya.
  • Motor tergiring terpepet ke kiri. Jika ada trotoar atau dinding, tentunya motor akan terjepit
SPION KOMPONEN PENTING PADA KENDARAAN UNTUK MEMPERKECIL DAERAH BERBAHAYA PADA SEKITAR KITA....AYOOO RAPIKAN PERLENGKAPAN KITA..!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar