Rabu, 16 Oktober 2013

Cara Mengemudi Mobil Dengan Baik dan Benar

 



Bagi anda yang belum bisa mengemudikan mobil. anda masih perlu banyak latihan. Jangan pernah belajar mengemudi tanpa di damping.karena itu sangat bahaya. Saa ini banyak tempat kursus mengemudi. Anda bisa belajar dari situ. Dari data-data yang saya peroleh ada beberapa yang harus di perhatikan dalam belajar mengemudi,yaitu :
  • Carilah posisi mengemudi yang baik dan nyaman. Atur kursi sehingga anda dapat meletakkan pergelangan tangan di atas roda kemudi dengan tangan terentang, karena ukuran badan orang berbeda-beda jadi posisi kursi dan setir perlu disesuaikan dengan pengemudinya. Anda mungkin perlu mengatur kemiringan sandaran kursi untuk menemukan posisi ideal yang benar-benar nyaman dan tidak melelahkan.
    Cari posisi yang nyaman
    Cari posisi yang nyaman
  • Jangan lupa atur juga spion dan kaca tengah, kalo yang ada kamera belakang juga perlu mengatur brightness dan contrast agar bisa terlihat dengan jelas terutama di malam hari yang gelap.
    liat spion jangan lupa ya

 Jangan terlalu lama terpaku dengan spion sehingga anda sendiri secara tidak sengaja mengabaikan apa yang ada didepan anda.
  • Biasakan kaki anda dengan posisi kopling/ perseneling (manual), rem, dan gas sehingga jika kita hendak menginjak rem tidak tertukar posisi, biasanya bagi para pengemudi yang baru suka tertukar tempat antara posisi rem dan gas, kalau udah sering latihan juga terbiasa mana yang kopling, rem, dan gas.
ketahui letak kopling,rem dan gas
Gunakan rem pada saat yang tepat. Kurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan. Mengerem saat anda berada di tengah-tengah tikungan dapat mengurangi keseimbangan kendaraan. Begitu pula, turunkan gigi transmisi sebelum memasuki tikungan.
  • Tetaplah di jalur sebelah kiri, kecuali bila akan mendahului. Jangan mencoba memblokir pengemudi yang ngebut.Jalur kanan adalah untuk mendahului,jangan berjalan santai pada jalur kanan, apalagi bila kecepatan anda di bawah 80 km/jam. Inilah sebab mengapa banyak pengemudi yang nekad mendahului dari jalur paling kiri. Jadi jangan salahkan dulu mereka yang mungkin sedang terburu-buru namun ada pengemudi "keras kepala" yang tidak bersedia memberi jalan di jalur paling kanan.
gunakan jalur kanan untuk menyalip
  • Latihan berjalan di tanjakan (khusus manual) ini ditujukan agar kita bisa berhenti lalu berjalan tanpa turun di posisi jalan yang curam.
hati-hati pada tanjakan
  • Biasakan jaga jarak mobil anda dengan kendaraan yang didepan anda, ini sangat penting untuk antisipasi kejadian mendadak.
jaga jarak anda
  •  Biasakan untuk menyalakan sein dan melihat spion terlebih dahulu, Jika ingin belok/ pindah jalur/ nyalip.penggunaan lampu sein yang benar adalah sekitar 100 meter sebelum belokan,sehingga pengguna jalan lain dapat mengetahui anda akan belok.
lampu sein jangan lupa
  • Biasakanlah untuk menggunakan sabuk pengaman (safety belt) sebelum menghidupkan mesin. Mintalah agar penumpang di kursi depan juga mengenakan sabuk pengaman. Sabuk ini telah terbukti berhasil menyelamatkan jiwa.
kenakan sabuk pengaman
  • Jangan menggunakan ponsel ketika mengemudi. Penelitian menemukan bahwa penggunaan ponsel ketika mengemudi menaikkan risiko kecelakaan sampai empat kali lipat.
simpan ponsel anda

  • Jagalah penglihatan malam hari anda. Jangan menatap lampu-lampu mobil dari arah berlawanan. Bila merasa terganggu, fokuskan pandangan pada bahu kiri jalan.
fokus pandangan di malam hari
  • Usahakan cukup tidur. Jangan mengemudi bila anda mengantuk. Bila mata anda cenderung terpaku pada satu titik, ini adalah tanda bahaya. Segera hentikan kendaraan begitu anda menemukan tempat yang aman dan cobalah beristirahat selama beberapa menit.

  • Berdo’a dan SABAR,Inilah kunci untuk SELAMAT
SELAMAT BERLATIH DAN TETAP JAGA KESELAMATAN ANDA DAN ORANG SEKITAR…


Tidak ada komentar:

Posting Komentar