Kamis, 17 Oktober 2013

Tips Berkendara Di Malam Hari



Berkendara pada malam hari sangat berbeda dengan berkendara di siang hari.Keadaan yang gelap tentu membuat jarak pandang mata kita terbatas, itulah yang membuat kita lebih berhati-hati jika berkendara di malam hari untuk dapat mengatur kecepatan kendaraan. Setelah saya mendapatkan info,ada beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika berkendara di malam hari,yaitu:
  • TETAP FOKUS : Terutama pada jalan ramai, karena dengan padatnya jalan sangat mungkin terjadinya serempetan. oleh karena itu pengendara diharapkan tetap jaga konsentrasi saat berkendara di malam hari, fokuskan pikiran pada perjalanan demi keselamatan berkendara.

  • KONDISI PRIMA :  Pastikan dulu kondisi fisik anda dalam keadaan sehat dan tidak mengantuk. lebih baik jika anda ngantuk saat berkendara malam hari sebaiknya berhenti dan lanjutkan pada siang harinya. cuaca malam biasanya memicu mata kita cepat lelah di tambah keadaan iklim yang semakin dingin. kerap terjadi kecelakaan karna pengendara mengantuk.

  • PERLENGKAPAN : cek kondisi motor saat akan berpergian seperti perlengkapan merupakan komponen penting saat berkendara di malam hari. perlengkapan buat motor seperti spion,lampu sein, lampu stop belakang dan lampu depan jarak jauh itu sangat penting.perlengkapan bagi pengendara itu sendiri yaitu helm SNI (kaca helm adaptif agar terlihat jelas dan tidak samar-samar), jacket berwarna terang,sepatu dan sarung tangan.
  • PILIH JALUR RAMAI : karena jika anda berada dalam jalur yang ramai dapat mencegah terjadinya tindakan kejahatan.

    • GUNAKAN LAMPU JARAK JAUH : Terutama saat melaju kencang, bertujuan agar jarak pandang kedepan kita lebih luas. sewaktu ada lobang atau orang menyebrang jalan kita dapat waspada karena sudah kelihatan dari kejauhan.

    • JAGA PANDANGAN MATA : hindari sorotan lampu secara lngsung saat berpapasan dengan kendaraan yang berlawanan arah.karena dapat mengganggu pandangan kita.

    • JAGA JARAK AMAN : jaga kecepatan yang aman agar tetap bisa mengendalikan motor pada kondisi yang mendadak dan hargai pemakai jalan lainnya denagn tidak ugal-ugalan di jalan.

    • TERUTAMA “BERDOALAH SEBELUM JALAN”

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar