macam - macam kaca mobil |
Kaca kendaraan
merupakan komponen dari bodi yang sangat penting, karena akan memberikan
kenyamanan kepada penumpang. kita bayangkan kalau naik kendaraan tanpa jendela,
atau kita bayangkan kalau ada jendela, tetapi tidak ada kacanya.karena itulah
kaca dikatakan penting.
- Kaca ada dua tipe atau jenis pada kendaraan, yaitu:
1.
Laminated safety glass, yaitu kaca yang digunakan pada kaca depan (windshield)
kendaraan, Pada laminated safety glass tersusun dari bahan kaca yang didalamnya
terdapat lapisan plastik yang sangat kuat. Lapisan plastik ini terletak
diantara dua lapisan kaca depan kendaraan. Apabila kaca depan terkena benturan
benda lain atau terjadi tabrakan sehingga menyebabkan pecah, maka lapisan plastik
diantara kaca tersebut akan mempertahankan kaca tidak berhamburan kemana-mana.
2.
Solid tempered plate glass, yaitu kaca yang digunakan pada seluruh kaca samping
dan kaca belakang dari kendaraan. adalah kaca yang diperkeras dan seandainya
pecah menjadi pecahan-pecahan kecil tidak akan berakibat fatal terhadap
penumpang. Proses untuk menghasilkan kaca tempered adalah dengan memanaskan
kaca hingga suhu tertentu (± 650ºC - 750ºC) dan kemudian didinginkan secara
tibatiba dengan semprotan udara.Kaca tempered memiliki beberapa sifat yaitu:
kuat terhadap benturan, karena telah melalui proses tempering maka kaca lebih
kuat dari pada kaca biasa, mampu menahan benturan ±1.500 kg dan tahan terhadap
perubahan suhu udara, perubahan suhu sampai ± 200º C serta kaca tempered tidak
bisa dipotong.
Adapun untuk
penggunaannya di mobil, kaca laminated hanya digunakan untuk kaca depan. Karena
bila kaca sekeliling mobil Anda memakai kaca laminated, tidak baik bagi
keselamatan sewaktu-waktu mobil terbalik dan atau terbakar, penumpang tidak
bisa keluar dari mobil.
- · Perawatan untuk kaca mobil sebagai berikut:
1. Langkah pertama
periksa kondisi karet penghapus kaca dari kemungkinan getas dan retak.
2.
Menyiapkan air cadangan dan lap khusus agar bisa membersihkan kaca belakang
untuk mobil yang tidak punya penghapus khusus.Sebelum memulai penggosokan, kaca
dibersihkan dengan air dan lap hingga benar-benar bebas dari debu. Lalu
mulailah menggosok dengan cara memutar dan tidak statis satu arah.
3.
Jangan membersihkan kaca (dengan atau tanpa shampo atau sabun) langsung di
bawah sinar matahari. Bebeapa shampo yang mengandung zat kimia ini akan cepat
menyerap di bawah pancaran sinar matahari, dan masuk ke dalam pori kaca.
4.
Lakukan pemolesan dengan alat khusus (cairan pembersih) untuk kaca yang
tergores akibat krist debu atau gesekan karet wiper.
5.
Setiap menambah air di tabung wiper, campurkan cairan shampo khusus kaca dan
usahakan dan shampo dalam tabung diganti tiap bulan
- · Langkah untuk melaksanakan perbaikan kaca adalah sebagai berikut:
1. Lakukan pengeboran
pada retakan (dengan diameter kurang dari 5 cm) terlebih dahulu.
2. Lakukan penyuntikan
dengan resin encer.
3.
Setelah resin masuk ke rongga kaca yang telah dibor, keringkan dengan
menggunakan ultraviolet.
4.
Selanjutnya, retakkan kembali disuntik dengan resin yang lebih kental agar
rongga retakkan makin padat terisi resin.
5. Lakukan pengeringan
kembali dengan ultraviolet.
6.
Setelah kering, permukaan sekitar kaca yang retak diolesi Cerium (bahan poles kaca). Lakukan pemolesan dengan
menggunakan sender kecil.
7. Setelah rata, kaca
dibersihkan.
·
- Windshield
Windshield (Kaca Depan
Kendaraan)terbuat dari kaca yang aman dan terdiri dari dua lapisan yang
didalamnya terdapat lapisan plastik yang sangat kuat atau sering disebut dengan
laminated safety glass. Windshield terpasang pada bodi kendaraan depan menerima
beban yang disebabkan oleh angin sebagai akibat dari aerodinamika kendaraan.
Semakin cepat laju kendaraan, maka beban yang diterima windshield juga semakin
besar. Untuk kendaraan yang telah dirancang untuk kecepatan tinggi, desain dari
kaca kendaraan dibuat landai, sehingga hambatan yang diterima kendaraan secara
keseluruhan juga dapat dikurangi, sebagai konsekuensi volume ruang dalam
kendaraan juga berkurang. Ada beberapa komponen yang terdapat pada kaca depan,
yaitu windshield glass, molding, spacer,retainers, baut-baut dan ada juga yang
dilengkapi dengan weatherstrip.
·
- Kaca Belakang
Bentuk dari kaca
belakang kendaraan mobil yang satu dengan lainnya memiliki berbagai perbedaan,
baik dalam hal ukuran dan permukaannya. Ada yang datar, ada yang melengkung,
ada yang lebar, ada yang kecil. Ada yang terdiri dari 2 bagian, tetapi ada yang
hanya satu bagian seperti pada kaca depan.Cara pemasangannya juga beraneka
macam, seperti halnya dengan windshield (kaca depan). Ada yang menggunakan lem
khusus, ada juga yang menggunakan karet. Begitu juga cara melepas dan memasang
kaca belakang juga hampir sama dengan cara yang dilakukan pada windshield.Hanya
saja, untuk beberapa kendaraan tertentu, ketika melepas atau memasang kaca
belakang tidak bisa dikerjakan pada sisi bagian dalam kendaraan, karena
konstruksi bodi misalnya. Oleh karena itu diperlukan alat bantu untuk memegang
kaca dari bagian luar, yaitu dengan vacuum cup. Selain itu pada saat melepas
dan memasang kaca belakang, beberapa kendaraan dilengkapi dengan defogger
(elemen pemanas untuk menghilangkan kabut kaca belakang yang akan mengganggu
pandangan pengemudi terhadap benda/ kendaraan dibelakangnya). Komponen ini
dipasang menempel pada kaca yang dihubungkan dengan kabel di bagian tepi dari
kaca belakang kendaraan.Jadi sebelum kaca dilepas, kabel ini terlebih dahulu
harus dilepaskan, karena kabel disembunyikan dalam trim kendaraan. Ketika akan
melepas kaca belakang yang memiliki defogger, Anda harus yakin bahwa komponen
ini tidak aktif yang akan membahayakan jika dipegang dengan tangan.
·
- Kaca Samping
Kaca samping kendaraan
memiliki beberapa jenis, ada yang bisa dibuka, namun ada juga yang bersifat
tetap, atau terpasang tetap. Kaca samping yang terdapat pada bagian pintu
biasanya dapat dibuka. Sedangkan kaca yang terpasang pada bodi kendaraan yang
lain, bisa dipasang tetap, atau juga ada yang bisa dibuka.Kaca kendaraan yang
bersifat tetap misalnya pada quarter window, yaitu kaca diatas quarter panel.
Konstruksi pada bagian ini adalah, kaca, pembatas serta sekrup. Sedangkan kaca
yang dapat bergerak misalnya pada pintu kendaraan. Berikut ini konstruksi dari
kaca kendaraan pada bagian pintu depan.
Sumber : kaca kendaraan
gunadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar